Lingkungan Belajar Inklusif di Sekolah Alam Gaharu

Sebagai seorang shadow teacher di Sekolah Alam Gaharu, saya merasakan keajaiban yang terjadi di dalam kelas inklusi setiap hari. Terletak di Baleendah, Kabupaten Bandung, Sekolah Alam Gaharu bukan sekadar tempat belajar, tetapi Sekolah Alam Gaharu juga merupakan oasis pendidikan yang menggabungkan pembelajaran formal dan alam atau Pembelajaran Berbasis Alam (PBA). 

Pembelajaran Berbasis Alam (PBA) ini merupakan pendekatan pendidikan yang mengintegrasikan pengalaman belajar di lingkungan alami dengan kurikulum akademik. Selain itu, Pembelajaran Berbasis Alam ini juga mendorong anak untuk aktif belajar melalui interaksi langsung dengan alam, yang membantu mereka memahami konsep-konsep akademis secara lebih mendalam dengan kegiatan lapangan, proyek berbasis alam, dan pembelajaran tematik yang mengaitkan materi pelajaran dengan pengalaman nyata di luar kelas. Kemudian, Sekolah Alam Gaharu didirikan dengan visi untuk mencetak generasi yang berakhlak mulia, berjiwa pemimpin, dan peduli terhadap lingkungan. Dengan pendekatan holistik, Sekolah Alam Gaharu berusaha memberikan ruang bagi teman-teman kecil untuk  mengeksplorasi, bertanya, dan menemukan potensi mereka.

Kelas inklusi di Sekolah Alam Gaharu merupakan tempat di mana memfasilitasi keanekaragaman. Di sinilah teman-teman kecil dengan kebutuhan khusus, seperti mereka yang mengalami ADHD dan keterlambatan bicara (speech delay), mendapatkan kesempatan untuk belajar bersama teman-teman kecil lainnya. Dalam suasana yang memfasilitasi keanekaragaman, shadow teacher berperan sebagai pendamping yang membantu teman-teman kecil menavigasi tantangan yang mereka hadapi. Setiap hari merupakan petualangan baru—dari kegiatan belajar yang menyenangkan hingga interaksi sosial yang memperkaya pengalaman mereka.

Salah satu hal yang paling menarik dalam mengajar di kelas inklusi adalah bagaimana Sekolah Alam Gaharu mengadaptasi metode pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan masing-masing teman-teman kecil. Untuk teman-teman kecil dengan ADHD, kami sering melakukan aktivitas belajar di luar ruangan. Bayangkan teman-teman kecil berlari-lari di kebun sekolah sambil mempelajari konsep sains melalui eksplorasi tanaman dan hewan. Selain itu, kami juga menggunakan permainan edukatif yang melibatkan gerakan fisik untuk menjaga fokus mereka. Kegiatan ini tidak hanya membuat proses belajar menjadi lebih menarik tetapi juga membantu mereka mengeluarkan energi secara positif.

Bagi teman-teman kecil dengan keterlambatan bicara, kami menciptakan lingkungan interaktif yang mendukung perkembangan komunikasi mereka. Melalui permainan peran dan diskusi kelompok kecil, teman-teman kecil diajak berbicara dalam konteks yang menyenangkan dan tidak menakutkan. Kami juga melibatkan orang tua dengan memberikan informasi tentang kemajuan teman-teman kecil serta cara-cara untuk mendukung perkembangan komunikasi di rumah. Melihat kemajuan mereka dalam berbicara dan berinteraksi adalah salah satu hal yang paling membahagiakanbagi kami.

Visi dan misi Sekolah Alam Gaharu sangat mendukung kelas inklusi ini. Sekolah Alam Gaharu memiliki misi untuk mengoptimalkan seluruh potensi kecerdasan teman-teman kecil melalui sistem pendidikan alam. Dengan kolaborasi erat antara guru kelas, orang tua, dan tenaga pendidik lainnya, Sekolah Alam gaharu menciptakan Program Pembelajaran Individual (PPI) yang disesuaikan dengan kebutuhan unik setiap teman-teman kecil. Selain itu, di Sekolah Alam Gaharu pendidikan tidak hanya tentang transfer pengetahuan, tetapi juga tentang membangun karakter dan keterampilan sosial. Sekolah Alam Gaharu berkomitmen untuk menciptakan lingkungan di mana setiap teman-teman kecil terutama yang memiliki kebutuan khusus merasa dihargai dan diterima. 

Sebagai shadow teacher, saya merasa terhormat dapat menjadi bagian dari perjalanan luar biasa ini. Setiap hari merupakan kesempatan baru untuk belajar bersama teman-teman kecil dan membantu mereka menemukan potensi dalam diri mereka. Di Sekolah Alam Gaharu, kami percaya bahwa setiap teman-teman kecil terutama yang memiliki kebutuhan khusus mempunyai potensi untuk bersinar sama dengan teman-teman lainnya. Melalui pendekatan inklusi ini, Sekolah Alam Gaharu tidak hanya menciptakan generasi penerus yang cerdas secara akademis tetapi juga individu-individu yang empatik dan peduli terhadap sesama. Kemudian, pendekatan inklusi bukan hanya tentang mengajar, ini tentang menciptakan komunitas dimana setiap orang merasa diterima dan dihargai. Setiap langkah kecil menuju kemajuan adalah kemenangan besar bagi kita semua! (Nishrina Syifa Rohmah)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top