bersama Robonesia
BUILT – CODE – INNOVATE
Robotika berupa kegiatan merakit robot, membuat animasi, percobaan Sains dll. Kegiatan Ekskul ini dapat melatih motorik, merangsang berpikir sistematis, keterampilan imajinasi dll.
Bersama fasilitator berpengalaman, anak-anak akan mengeksplorasi dunia robotika dengan pendekatan kontekstual dan menyenangkan.
Manfaat Robotika
- Merangsang berpikir sistematis dan terstruktur dalam menyelesaikan sebuah masalah.
- Meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.
- Meningkatkan keterampilan imajinasi, karena dalam merancang robot diperlukan kreativitas.
- Menambah kemampuan sosial.
Ekskul Robotika hadir untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kecintaan anak terhadap teknologi, bersama fasilitator berpengalaman, anak-anak akan mengeksplorasi dunia robotika dengan pendekatan kontekstual dan menyenangkan.
- Hands-on Projects
Belajar langsung merakit dan memprogram robot dengan alat dan bahan yang disiapkan.
- Basic Programming
Pengenalan coding untuk pemula menggunakan bahasa yang ramah anak seperti Scratch atau Arduino.
- Creative Problem Solving
Melatih logika dan berpikir kritis lewat tantangan dan simulasi nyata.
- Team Collaboration
Membangun kerja tim dan kepemimpinan lewat proyek kelompok dan kompetisi.
Kegiatan ekskul Robotika di Gaharu terdiri dari Level 0 (introduction) hinggal Level 6 (Lanjutan). Program-programnya antara lain :
Robotic Projects (Proyek membuat/merakit robot sesuai level) diantaranya
- Level 0 Arthuro Bot (Robot berbentuk serangga yang digerakan oleh motor/dinamo dan lampu sederhana)
- Level 1 Robo Fan, Walking Bot, Smart Dust Bin
- Level 2 Hemiptera, Avoider (Robot digital sensor)
- Level 3 Arm Robot dan Soccer Bot
- Level 4 Walking Bot 2 dan Smart Lamp (Komponen Lampu otomatis)
- Level 5 Smart Green House (IoT, Robot yang berbasis kontrok melalui internet)
Animation Projects (Proyek coding sederhana berbasih Scratch
- Level 0 Aquarium (Program/coding sederhana berupa gambar bergerak) dan Bite Shark (Program Game sederhana)
- Level 3 Rafting (Game sederhana berbasis aplikasi)
- Level 4 Frank Kong (Game animasi lanjutan)
Experiment Science (Proyek percobaan sains)
- Level 0 Granat Duar
- Level 1 Roket Sains
- Level 2 Senter Sederhana
- Level 3 Mobil Tenaga Kimia
- Level 4 Smart Lamp (Terintegrasi dengan proyek robot)
- Level 6 Smart Green House (Terintegrasi dengan proyek robot)