Literasi

“Membangun generasi yang gemar membaca, piawai menulis dengan penuh tanggung jawab, dan pandai mempresentasikan dengan penuh percaya diri”

Tujuan program literasi adalah menjadi set skill penunjang dalam belajar serta membentuk pembelajar seumur hidup.

3 Area utama literasi:

  1. Literasi Informasi (Research Skill)
  2. Literasi Digital
  3. Literasi Media

Program literasi Sekolah Alam Gaharu :

  1. Readers club, merupakan klub membaca buku dengan minimal buku yang dibaca sebanyak 12 buku. Tujuan Program ini adalah meningkatkan gemar membaca siswa Gaharu. Strategi untuk pelaksanaan readers club adalah menyadiakan pojok baca di kelas, pengadaan buku sesuai usia, mengisi jurnal literasi, show and tell the book, dan pemberian award – reward untuk pembaca terbaik.
  2. Skill Informasi, merupakan program yang menekankan bagaimana memperoleh informasi, kegiatan ini dikolaborasikan penerapannya saat pembelajaran klasikal dan kegiatan Gaharu Scientific Adventure. Skill informasi ini meliputi skill komunikasi (membaca, menulis, berbicara, mendengarkan, berdiskusi), skill riset (mengumpulkan, mengorganisasikan, dan mengolah data/ informasi yang menghasilkan Karya Tulis Ilmuah, Karya Tulis hasil perjalanan Gaharu Scientific Adventure, karya tulis teks tertentu), dan ektika menggunakan informasi (mencantumkan teknik citasi sederhana untuk menghindari plagiarisme)
  3. Literasi Digital merupakan program yang menekankan bagaimana memperoleh, mengolah dan mempublikasikan informasi dari media digital. Kegiatan ini dikolaborasikan dengan kegiatan pembelajaran sains dan Gaharu Scientific Adventure. Kegiatan ini meliputi pemaparan tentang cara mendapatkan informasi digital, bagaimana menggunakan internet dengan aman dan menjadi masyarakat digital dengan bijak, bertanggungjawab terhadap teknologi yang digunakan dan cara membuat konten digital
Scroll to Top